Ratusan Nelayan Ikuti Pengobatan Gratis Djarum Foundation


Posted : 23 Feb 2016

KENDAL – Ratusan nelayan Kendal mengikuti pengobatan gratis yang digelar Djarum Foundation Bakti Sosial bekerja sama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang, dan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) Surabaya.

Warga yang kebanyakan perempuan lanjut usia tertib antre menunggu giliran untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang dipusatkan di Pos Pengamatan TNI AL Kendal kompleks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Gempol Sewu, Kecamatan Rowosari, Kendal, baru-baru ini.

Seperti halnya Muamah (53) warga Dukuh Gentong, Desa Gempol Sewu yang sejak pukul 07.00 sudah antre untuk memeriksakan kesehatannya. Dia mengeluhkan mata sebelah kiri yang kabur jika melihat. Juga rasa nyeri kaki yang juga belum sembuh walau dia sudah minum jamu.

‘’Badan saya rasanya pegal semua sehingga mau periksa kesehatan,’’ keluh dia kepada petugas kesehatan. Setelah dilakukan pemeriksaan, kemudian diberikan resep obat tanpa membayar biaya alias gratis. Bahkan mereka mendapatkan snack setelah berobat.

Pembukaan kegiatan bakti sosial yang juga memperingati HUT Pomal Ke-70 oleh Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (P) Elka Setiawan dihadiri Corporate Communication Djarum Foundation Budi Darmawan, perwakilan Pemkab Kendal, dan Polres Kendal.

Bentuk Kepedulian

Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (P) Elka Setiawan mengatakan, kegiatan bakti sosial (baksos) pengobatan adalah bentuk kepedulian sehingga tercipta guyub dan rukun dengan masyarakat pesisir. Juga sebagai bentuk komunikasi langsung dengan warga. ‘’Pengobatan gratis diikuti sekitar 500 warga nelayan yang tinggal di sekitar TPI Kendal.

Selain itu juga dilakukan khitan massal yang diikuti sebanyak 13 anak,’’paparnya. Dia menambahkan, melalui baksos pemeriksaan dan pengobatan ini juga mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar permukiman.

Ketua Tim Medis YBSI dokter Virly Mavitasari mengungkapkan, untuk memeriksa warga pihaknya menerjunkan enam orang dokter, terdiri atas dokter umum dan dokter spesialis penyakit dalam. ‘’Total keseluruhan tim kesehatan meliputi dokter, paramedis dan apoteker sebanyak 28 orang,’’katanya.

Sementara itu, Corporate Communication Djarum Foundation Budi Darmawan menerangkan, baksos kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat merupakan komitmen perusahaan Djarum sebagai bagian dari warga Jawa Tengah. ‘’Kegiatan ini sudah dilaksanakan sebanyak 33 kali di berbagai wilayah di Jateng. Komitmen ini akan terus dilaksanakan di seluruh pelosok Jateng lainnya dan juga di Jawa Timur,’’tandas dia. (G4-58)

 

Source. http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/ratusan-nelayan-ikuti-pengobatan-gratis-djarum-foundation/

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya