Lansia hingga Santri di Ponpes Al Hikmah 2 Peroleh Pemeriksaan Kesehatan Gratis - Suaramerdeka.com


Posted : 15 Jul 2023

suaramerdeka.com - Ribuan warga mengikuti kegiatan pelayanan medis gratis di Ponpes Al Hikmah 2, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu 15 Juli 2023.

Pelayanan medis ini diadakan Djarum Foundation melalui program Djarum Sumbangsih Sosial.

Pada kegiatan kali ini, Djarum Foundation berkolaborasi dengan YBSI (Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku), RSUD Bumiayu, RS Harapan Sehat Bumiayu, Puskesmas Sirampog, Klinik Rizqina, Akper Al Hikmah 2 dan Dokkes Polres Brebes.

Pengasuh Ponpes Al Hikmah 2, Sirampok, Brebes, Gus Immaduddin Masruri mengapresiasi kegiatan yang digelar di pondoknya.

"Terima kasih untuk perhatian yang diberikan berbagai pihak kepada kami. Mari kita manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk mengecek kesehatan warga masyarakat sekitar ponpes bersama para kiai, uztaz, ustazah, pengurus pondok, dan para santri," papar Gus Immaduddin Masruri.

Deputy Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation, Ivana Lie mengatakan, program pelayanan medis masyarakat ini merupakan upaya Djarum Sumbangsih Sosial yang fokus pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya di sekitar pesantren.

"Pelayanan Medis ini sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar pondok pesantren, termasuk para santri, pengurus, dan pengasuh pondok pesantren,'' paparnya.

Ivana mengapresiasi dukungan YBSI para alumni Pesantren Al Hikmah 2 yang sudah terjun menjadi tenaga kesehatan di RSUD Bumiayu, RS Harapan Sehat Bumiayu, Puskesmas Sirampoq, Klinik Rizqina dan Akper Al Hikmah 2, serta Dokkes Polres Brebes.

''Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan teman-teman tenaga medis lulusan Pesantren Al-Hikmah 2 yang sudah terjun ke masyarakat tapi tidak melupakan alamamaternya,'' ujar Ivana.

Founder YBSI Kolonel Laut (K) Dr dr Hisnindarsyah, mengatakan pada kegiatan kali ini selain pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan gigi, ada tambahan layanan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak.

Pemeriksaan penyakit dalam, serta layanan dokter bedah dan syaraf bagi warga bila diperlukan.

''Kami juga memberikan edukasi (preventif) sehingga nantinya warga dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut . Dalam pelayanan medis ini kami melibatkan sebanyak 122 tenaga kesehatan," kata dia.

Hisnin menambahkan solusi pencegahan dengan peningkatan kesadaran pola hidup sehat seperti kebersihan serta pola makan termasuk pola hidup sehat,'' jelas

Pelayanan medis masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan melalui program Djarum Sumbangsih Sosial.

Sejak tahun 2014, kegiatan ini telah melayani pemeriksaan medis lebih dari 70.000 warga masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Djarum Sumbangsih Sosial telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya khitanan massal, peningkatan kualitas panti asuhan, satgas pencegahan kebakaran dan bantuan penyediaan air bersih.

Source: https://www.suaramerdeka.com/jawa-tengah/049482575/lansia-hingga-santri-di-ponpes-al-hikmah-2-peroleh-pemeriksaan-kesehatan-gratis

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya