Djarum Foundation dan YBSI Layani 795 Masyarakat Surabaya Berobat Gratis - Beritajatim.com


Posted : 20 Aug 2023

Surabaya (beritajatim.com) – Djarum Foundation dan YBSI melayani 795 masyarakat Surabaya untuk berobat gratis, Minggu (20/08/2023). Acara yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum itu menyediakan 4 layanan kesehatan untuk masyarakat. Antara lain, layanan THT (Tenggorokan Hidung Telinga), pemeriksaan umum, pemeriksaan Gigi, dan Syaraf.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh santri dari Ponpes Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum. Setelah itu, sambutan dari berbagai pihak dan pemberian paket sembako kepada masyarakat secara simbolis juga dilaksanakan. Pada awalnya, panitia hanya mencetak 500 kupon untuk pemeriksaan. Namun, saat kedatangan menjadi 795 orang.

“Ya kami terima. Tidak kami tolak. Jadi semua masyarakat yang mau berobat monggo. Nanti juga dapat obat generik gratis,” ujar ketua umum YBSI, Virly Mavitasari.

Virly Mavitasari bersama dengan Founder dari YBSI Dr. dr Hisnindarsyah menjelaskan bahwa kegiatan ini hari ini melibatkan 30 dokter baik spesialis ataupun dokter umum. Jumlah pasien kebanyak dari usia lansia dan anak-anak. Pantauan beritajatim, warga Rangkah antusias mengikuti acara ini dengan mengikuti semua arahan dari petugas. YBSI dan Djarum Foundation pun bertekad untuk membantu masyarakat di arus bawah agar bisa mendapatkan pengobatan yang layak.

“Kalau kemarin anak-anak banyak yang di dokter umum. Tapi yang disini, ini di gigi juga banyak,” imbuh Virly.

Ketua Ponpes Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum M. Ghozi Ubaidillah Mashduqi sebagai tuan rumah mengucapkan rasa terima kasihnya kepada YBSI dan Djarum Foundation. Walaupun melebihi target, pelayanan kesehatan tidak krodit dan sampai berujung chaos. Ketua PC RMI NU Kota Surabaya tersebut juga mengatakan jika banyak sekali warga di lingkungan ponpes yang memerlukan layanan kesehatan.

“Alhamdulillah terima kasih untuk semua pihak yang membantu. Juga dari ibu-ibu RW yang ikut turut melakukan pendataan awal dan membantu di bagian administrasi sehingga acara berjalan lancar,” tutur Gus Ghozi.

Legowo Kadri, perwakilan dari Djarum Foundation mengatakan jika kegiatan sosial ini merupakan salah satu upaya dari pihaknya untuk berkontribusi dalam meningkatkan peran pesantren kepada masyarakat. Ia bersama YBSI memiliki misi agar masyarakat bisa mendapatkan pengobatan layak. Acara di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum ini merupakan acara ke 66 yang terselenggara di Jawa Timur.

“Ini acara ke 66 di Jawa Timur. Acara seperti ini juga kami lakukan di wilayah Jawa Tengah,” tutur Legowo Kadri.

Legowo Kadri mengatakan jika sejak tahun 2014 Djarum Sumbangsih Sosial telah melayani pemeriksaan medis kepada 70 ribu warga masyarakat khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain layanan kesehatan, Djarum juga sudah melakukan banyak kegiatan seperti Khitanan Massal, peningkatan kualitas panti asuhan, dan satgas kebakaran dan bantuan penyediaan air bersih.

Source: https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/djarum-foundation-dan-ybsi-layani-795-masyarakat-surabaya-berobat-gratis/

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya