Djarum Foundation-RS Aisyiyah Kudus Gelar Operasi Bibir Sumbing - radarkudus.jawapos.com


Posted : 01 May 2019

KOTA – Djarum Foundation bersama dengan rumah sakit (RS) Aisyiyah Kudus beserta Permatasari Foundation menggelar operasi bibir sumbing dan langit-langit. Sebanyak 27 penderita bibir sumbing menjalani operasi.

Operasi berjalan dengan lancar. Ditangani tim medis yakni tiga dokter spesialis bedah plastik, dua dokter anastesi, perawat dan tenaga medis lainnya. Direktur RS Aisyiyah dokter Hilal Ariadi menjelaskan, awalnya yang mendaftar berjumlah 36 anak, kemudian yang hadir untuk pemeriksaan screening berjumlah 29 anak. Namun hasil akhir yang bisa dilakukan operasi sebanyak 27 anak.

”Bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit ini sudah kali kelima. Dan, ini menunjukkan komitmen Djarum Foundation dan Permata Sari Foundation yang membantu terkait tim medis. Dan, pasien yang hari ini (red kemarin) menjalani operasi tidak hanya dari Kudus tapi juga luar kota seperti Semarang, Demak, bahkan ada yang dari Cilacap,” ungkapnya.

Ditambahkan, tidak hanya memberikan bantuan operasi bibir sumbing dan langit-langit tapi juga menanggung fasilitas kamar inap pasca operasi, dan pengobatan selanjutnya sampai dinyatakan sembuh.

Ketua Permata Sari Foundation Endang Sri Sarastri menyampaikan, bibir sumbing dan langit-langit merupakan sebuah kondisi cacat khusus yang menyebabkan ketidaksempurnaan pada struktur bibir atau bagian langit-langit mulut. ”Ada beberapa faktor penyebab bibir sumbing, seperti kekurangan gizi saat hamil triwulan pertama,” jelasnya.

Adanya operasi gratis ini, diharapkan penderita bibir sumbing akan lebih baik kondisinya. Pasien juga bisa lebih percaya diri setelah dioperasi. Program operasi bibir sumbing gratis ini dilaksanakan satu tahun dua kali dan jumlah pesertanya semakin meningkat.

Dia juga mengapresiasi kegiatan ini, karena rumah sakit memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Operasi bibir sumbing ini merupakan bentuk sumbangsih terhadap masyarakat.

Perwakilan Djarum Foundation Purwono Nugroho mengatakan, kegiatan operasi gratis ini bertujuan untuk mengembalikan senyum ceria dari para penderita bibir sumbing, sehingga ke depan mereka dapat lebih percaya diri dalam menjalani masa depannya.

 

 

Source. https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/05/01/134822/djarum-foundation-rs-aisyiyah-kudus-gelar-operasi-bibir-sumbing

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya