68 Pelajar asal Sumbawa Barat Terima Beasiswa untuk Melanjutkan ke SMK di Kudus

Posted : 13 Jul 2022

KUDUS, 13 Juli 2022 – Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu ukuran keberhasilan bangsa, yang dapat dicapai dengan peningkatan kualitas pendidikan. Upaya ini salah satunya diwujudkan  PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) untuk generasi muda di wilayah Sumbawa Barat dan sekitarnya. Sebanyak 68 pelajar telah mendapatkan beasiswa khusus dari Amman Mineral untuk meneruskan pendidikannya ke SMK Wisudha Karya dan SMK Raden Umar Said (RUS), Kudus, Jawa Tengah.

Program beasiswa dari Amman Mineral dimulai dengan proses seleksi yang diikuti oleh lebih dari 200 siswa dari berbagai pelajar tingkat SMP di Kabupaten Sumbawa Barat. Mereka kemudian menjalani sejumlah tes untuk meraih kesempatan melanjutkan pendidikan di SMK Raden Umar Said Kudus dan SMK Wisudha Karya. Untuk diketahui, kedua SMK yang merupakaan binaan Djarum Foundation ini kerap meraih sejumlah penghargaan dan menjadi rujukan magang oleh Kemendikbudristek untuk siswa dan para guru vokasi dari berbagai daerah.

"Setelah proses seleksi kemudian terpilih 68 siswa dengan kompetensi terbaik yang akan melanjutkan pendidikannya di SMK Raden Umar Said Kudus dan SMK Wisudha Karya yang merupakan SMK-SMK binaan Djarum Foundation. Persiapan program ini memakan waktu hampir satu tahun yang diawali dengan diskusi bersama Djarum Foundation pada tahun 2021," tutur Dimas Pradyaka Purnama selaku  Manager Community Development Social Impact PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), usai seremoni Serah Terima Peserta Didik Penerima Beasiswa yang berlangsung di SMK Wisudha Karya, Kudus, (13/7/2022).

Dimas menjelaskan, pada proses awal seleksi, ratusan calon penerima beasiswa harus memilih program kompetensi keahlian yang tersedia di SMK Wisudha Karya dan SMK Raden Umar Said, sesuai dengan minat yang mereka miliki. Sejumlah program yang tersedia adalah Desain Komunikasi Visual, Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mesin, Teknik Automasi, Nautika Kapal Niaga, Teknik Kapal Niaga, dan Teknik Energi Terbarukan. Setelah itu dilanjutkan dengan tahap interview dan diakhiri uji kompetensi yang dilakukan oleh guru-guru dari Kudus.

"Program beasiswa ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kompentensi pelajar SMK di Kabupaten Sumbawa Barat dan juga memenuhi permintaan industri, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Meskipun jarak Sumbawa ke Kudus sangat jauh, namun manfaat dari sisi peningkatan kualitas pendidikannya jauh lebih penting," tambah Dimas.

Program beasiswa ini juga mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kudus. "Tentu saja ini merupakan hal yang patut diapresiasi, kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus juga merasa sangat bangga dapat berpartispasi dalam program beasiswa ini. Karena secara tidak langsung kami turut serta dalam upaya meningkat kualitas pendidikan di Sumbawa Barat," ucap Dr. Yuli Rifani, M.Pd selaku perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus.

Baiq Kartika Dewi Cantika sebagai salah satu penerima beasiswa dari PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) mengatakan bahwa dirinya merasa sangat antusias dan bangga karena mendapatkan kesempatan beasiswa ini. "Saya senang sekali bisa terpilih mendapatkan beasiswa ini, sehingga saya bisa mengembangkan kemampuan yang saya miliki di SMK Wisudha Karya," papar Kartika.

PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) merupakan sebuah perusahaan pertambangan yang mengoperasikan 25.000ha tambang tembaga dan emas yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara. Program beasiswa ini diharapkan menjadi program berkelanjutan sehingga secara konsisten mampu meningkat kualitas pendidikan di Sumbawa Barat. 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya