29 Peserta Terpilih Mentjari Bang Maing Dan Djoewita Siap Warnai Serial Musikal Tentang Ismail Marzuki

Posted : 02 Aug 2022

Jakarta, 2 Agustus 2022 - Mentjari Bang Maing dan Djoewita, sebuah program kreatif terbaru dari www.indonesiakaya.com yang bekerja sama dengan Garin Nugroho dan BOOW Live, telah memilih 29 peserta untuk ikut meramaikan produksi serial musikal yang diangkat dari kisah hidup komponis besar Indonesia, yaitu Ismail Marzuki atau yang juga kerap disebut dengan nama Bang Maing. Selanjutnya para peserta terpilih dalam program ini, akan mengikuti rangkaian kegiatan untuk proses produksi. 

"Proses audisi yang diselenggarakan secara hybrid memudahkan para seniman muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Dari proses audisi yang telah diselenggarakan, kami memperoleh lebih dari 250 pendaftar dari berbagai wilayah di luar pulau Jawa seperti Bali dan juga mencakup wilayah Indonesia Timur. Tentunya proses kurasi memakan waktu yang lumayan panjang karena para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini memiliki talenta yang luar biasa. Dari proses audisi tersebut, kami berhasil memilih 29 peserta yang terdiri dari 17 laki-laki dan 12 perempuan untuk mengikuti produksi serial musikal ini," ungkap Renitasari Adrian, Program Director  www.indonesiakaya.com

Sebelum melangsungkan audisi secara hybrid, www.indonesiakaya.com telah menyelenggarakan audisi online Mentjari Bang Maing dan Djoewita mulai 14 Januari 2022 hingga 13 Maret 2022. Proses audisi yang diselenggarakan secara online tersebut, dapat diikuti oleh peserta yang berusia 18 tahun ke atas, memiliki kemampuan akting, vokal, tari, dan bermain instrumen musik (tidak wajib). Dari proses audisi online www.indonesiakaya.com berhasil memilih 100 peserta untuk mengikuti audisi secara hybrid di Jakarta, pada bulan April 2022 yang lalu.

Proses audisi hybrid Mentjari Bang Maing dan Djoewita ini dihadiri oleh para juri seperti Renitasari Adrian selaku Program Director www.indonesiakaya.com, Garin Nugroho selaku executive producer, Chriskevin Adefrid selaku perwakilan dari TEMAN, serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam produksi ini. Audisi yang dilangsungkan secara hybrid ini, diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti, mewajibkan para peserta yang hadir untuk setidaknya telah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19, menggunakan masker, menjaga jarak, membagi jumlah peserta yang hadir dalam satu waktu, serta melaksanakan swab antigen kepada seluruh peserta yang hadir. 

Dalam dua hari penyelenggaraanya, para juri telah menilai secara langsung kemampuan dari para peserta. Masing-masing peserta yang mengikuti audisi secara hybrid ini  diminta untuk membacakan sebait dialog, menarikan sedikit dari koreografi, dan  menyanyikan dua lagu ciptaan Ismail Marzuki.

Garin Nugroho selaku executive producer mengungkapkan, "Dalam beberapa bulan pelaksanaannya, kami menemukan banyak seniman muda yang memiliki talenta dan bakat yang baik dalam berakting, menari, menyanyi, dan juga bermain musik. Melalui program ini, saya bersama www.indonesiakaya.com dan juga BOOW Live membuka kesempatan kepada generasi muda untuk terus berkarya dan menunjukkan kemampuan mereka dalam dunia seni pertunjukan. Semoga proses pencarian sosok Maing dan Djoewita ini dapat melahirkan seniman-seniman baru agar misi kami dalam meregenerasi seniman-seniman panggung juga dapat terlaksana dengan baik."

Buku berjudul Seabad Ismail Marzuki: Senandung Melintas Zaman karya Ninok Leksono juga menjadi salah satu referensi dalam pembuatan serial musikal ini. Ninok Leksono mengungkapkan, "Ismail Marzuki merupakan seniman, komposer, serta pahlawan nasional yang sangat berpengaruh dalam dunia seni terutama musik di Tanah Air. Mengangkat kisahnya ke dalam sebuah serial musikal tentu akan menjadi alternatif hiburan serta sumber informasi menarik bagi para penikmat seni. Dalam produksi ini saya juga memberikan beberapa masukan kepada tim produksi terutama untuk penulisan naskah. Semoga serial musikal ini nantinya dapat menjadi angin segar bagi banyak generasi muda."

Setelah melangsungkan proses audisi secara hybrid, para peserta terpilih mengikuti serangkaian workshop dan sesi latihan secara offline di Jakarta. Berikut ini adalah nama-nama peserta terpilih dari program Mentjari Bang Maing & Djoewita

1. Ajeng Dwi Nur Apriliasih 

11. Galabby Thahira Pahlevi

21. Ni Made Ayu Raharsini Gurnitha

2. Aldafi Adnan Hutomo

12. Gerardo Cristopher Jonathan Tanor

22 Nicholas Benito

3. Andhika Firman Agung

13. Gina Umayati Dewi

23. Nurwulan Laksmi Utami

4. Bayu Ageng Reswandha

14. Gusty Pratama

24. Putri Indam Kamila

5. Bayu Agustian

15. Iman Affandi

25. Rahma Sekar Savitri

6. Bima Zeno Pooroe

16. Kathrine permatasari

26. Reno Krisna

7. Claudya Christina

17. Kenja Hizkia

27. Robertus Darren Radyan

8. Daniel Immanuel Ongkowidjojo

18. Louise Monique

28. Stephanie Mariska Setiawan

9. Donny Destiano Hassiddiqie

19. Mohamad Rohmatullah (Thulo)

29. Vicky Achmad

10. Fitri Muliati

20. Mohammed Nabil Harmoun

 

"Selamat kepada para peserta terpilih. Kami harap, siapapun yang nantinya terpilih untuk memerankan sosok Ismail Marzuki dan juga Djoewita dapat memerankan sosoknya dengan baik, sehingga kedepannya karya ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," tambah Renitasari. 


Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya

Video Lainnya