Djarum Foundation serahkan 2.020 pohon Trembesi ditanam di Padang - ANTARA News


Posted : 08 Feb 2023

Padang (ANTARA) - Djarum Foundation melalui Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF)dengan program Djarum Trees For Life (DTFL) hari ini melakukan serah terima penanaman 2.020pohon trembesi di Jalan Bypass Kota Padang kepada Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional(BBPJN) III Padang.

Vice President Director Djarum Foundation F.X. Supanji dalam keterangan tertulis di Padang, Sumbar, Selasa (7/2) mengatakan penanaman dilakukan di sepanjang 27 kilometer jalan Bypass Kota Padang yang merupakan inisiasi BLDF bersama Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) DoniMonardo sejak 2018 yang pada saat itu tengah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DewanKetahanan Nasional (Sesjen Wantannas).

Menurut dia kolaborasi ini bertujuan mewujudkan masa depan lingkungan yang lebih baik lewat peningkatan kualitas infrastruktur ramah lingkungan di daerah dengan kepadatan lalu lintas tinggi.

Ia mengatakan upaya ini sejalan dengan misi pemerintah melalui Kementerian PUPR yang mendorong perwujudan pembangunan infrastruktur berkeadilan dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek sosial-ekonomi-lingkungan.

Ia mengatakan kolaborasi antara pemerintah-swasta ini menunjukkan bahwa keberadaan Jalan Bypass Padang ini tidak sekadar menjadi tulang punggung konektivitas dalam meningkatkan produktivitas dan distribusi perekonomian nasional namun juga memiliki manfaat ekologis jangka panjang lewat penyerapan emisi karbon dan penyerapan air bagi lingkungan sekitar.

"Kami percaya, penanaman pohon harus diimbangi dengan perawatan yang melibatkan pemerintahdan masyarakat. Diharapkan bahwa upaya kolaboratif ini menjadi salah satu bentuk dukunganuntuk tercapainya target pengurangan emisi karbon dari pemerintah," kata dia.

Menurut dia adapun penanaman dan perawatan trembesi kemudian menjadi salah satu upaya efektif dalam meminimalkan emisi karbon yang berasal dari sektor transportasi.

Ia menjelaskan dengan mengutip akademisi Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Endes N.Dachlan dalam buku Trembesi Dahulunya Asing, Namun Sekarang Tidak Lagi (2010) pohon trembesi adalah salah satu pohon penyerap karbon dioksida tinggi untuk ekosistem darat, di mana satupohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton karbon dioksida per tahun.

Menurut dia perubahan iklim kini sudah menjadi fokus dunia sehingga perlu keterlibatan banyakpihak dalam mendorong upaya kolaboratif untuk mewujudkan target pengurangan emisi karbon.

"Saya harap, inisiatif penanaman trembesi yang telah dilaksanakan bersama BLDF di Jalan BypassPadang sejak empat tahun lalu dan kini kami serah terimakan ke pemerintah ini dapat berlanjut dimasa depan bersama pihak lain dari berbagai kawasan Indonesia lainnya," kata Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Doni Monardo Gubernur Sumatra Barat Barat Mahyeldi menyampaikan pada 2018 dirinya menjabat sebagai WaliKota Padang periode 2014–2021 dan sangat serius dengan penghijauan, termasuk dengan mengesahkan Peraturan Wali Kota yang melarang penebangan pohon sembarangan.

"Kami mendorong penanaman pohon di sepanjang kota maka dari itu kami mengucapkan terimakasih ke Djarum Foundation dan Pak Doni yang telah berkontribusi menghijaukan jalur-jalur yang sebelumnya masih gersang di Kota Padang. Saat ini, rute sepanjang Teluk Bayur hingga Bandara Internasional Minangkabau sudah hijau dan sejuk," kata dia.BLDF sejak tahun 2010 konsisten melakukan penanaman trembesi di berbagai jalur transportasi dipulau Jawa termasuk jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), Tol Trans–Jawa, Lingkar Madura, Lombok, Medan dan Tol Trans–Sumatra yang hingga saat ini telah mencapai 3.106 kilometer.*

Source: https://www.antaranews.com/berita/3385209/djarum-foundation-serahkan-2020-pohon-trembesi-ditanam-di-padang

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya