Carmen, Opera Klasik Prancis, Segera Dipentaskan di Jakarta - seleb.tempo.co


Posted : 04 Apr 2016

TEMPO.COJakarta - The Resonanz Music Studio di bawah pimpinan konduktor Avip Priatna akan menghadirkan pertunjukan opera klasik Prancis karya komposer Georges Bizet berjudul Carmen. Pertunjukan ini akan dipentaskan di Indonesia dan akan digelar untuk pertama kalinya di Ciputra Artpreneur Jakarta pada 16-17 April 2016.
 

Carmen adalah kisah opera populer yang paling sering diangkat ke atas panggung opera di dunia. Kali ini, penyanyi dari Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Music Studio lah yang akan memainkan opera, yang pertama kali dipentaskan di Paris pada 1875 itu.
 

"Saya ingin menampilkan kisah klasik kelas dunia ini dengan apa yang Indonesia punya," kata Avip dalam konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya, Senin, 4 April 2016.

Avip sudah lama ingin memproduksi Carmen untuk penonton Indonesia. Sebelumnya, kata Avip, ia pernah menonton pertunjukan Carmen produksi Singapura dengan penyanyi asal negara itu juga. "Saya yakin, talenta di Indonesia juga mampu membawakan komposisi Carmen dengan kualitas tak kalah dengan Eropa," ujarnya.

Sejak Januari lalu, Avip dan The Resonanz telah berlatih untuk opera Carmen. Seniman asal Belanda, Jos Gronier, akan menyutradarai opera ini.  Sebelumnya, dia menyutradai Carmen di panggung Ukraina dan Prancis. "Saya kagum ternyata banyak bakat menyanyi opera yang cemerlang di sini," ujar Gronier.

Adapun pemeran utama sebagai Carmen adalah penyanyi asal Bali, Henny Janawati. Ini bukan kali pertama Henny memerankan Carmen. Ia sebelumnya pernah lolos audisi opera Ceko dan Vancouver untuk peran yang sama. "Carmen adalah karakter yang paling diincar dan jadi impian penyanyi mezzo soprano seluruh dunia," kata Henny.

Carmen adalah opera empat babak tentang kisah cinta perempuan Gipsi. Berlatar belakang Spanyol abad ke-19, pertunjukan di Jakarta ini akan secara penuh mengikuti naskah asli Bizet. Seluruh pertunjukan dibawakan dalam bahasa Prancis dengan bantuan multimedia agar penonton dapat memahami jalan cerita.

Pertunjukan Carmen didukung Bakti Budaya Djarum Foundation. Ada dua kali jadwal pentas, yakni 16 April 2016 pukul 19.30 WIB dan 17 April 2016 pukul 16.00 WIB. Harga tiket berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta.

 

 

Source. https://seleb.tempo.co/read/news/2016/04/04/113759690/carmen-opera-klasik-prancis-segera-dipentaskan-di-jakarta

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya