Ribuan Penonton Terpesona Saksikan Pementasan Sendratari Sikep Sang Timur Tlatah Alas Purwo - Jatim Times


Posted : 07 Mar 2024

JATIMTIMES - Penampilan para penari Padepokan Sanggar Alang-Alang Kumitir sukses memukau ribuan penonton dalam pementasan sendratari berjudul "Sikep Sang Timur Tlatah Alas Purwo" yang digelar  di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Purwoasri kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) pada Selasa (06/04/2024) malam.

Menurut Pimpinan Padepokan Alang-Alang Kumitir Banyuwangi, Punjul Ismu Wardoyo, acara yang mendapat dukungan Galeri Indonesia Karya ini merupakan hasil dari semangat kebersamaan dan kerja keras sanggarnya.

"Alhamdulillah, ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi kami yang berhasil masuk 10 besar dari ribuan sanggar se-Indonesia yang diaudisi oleh Galeri Indonesia Karya," ujar Punjul.
Dia menutur sekitar 160 penari telah berlatih selama 3 bulan untuk menghasilkan suatu karya yang spektakuler dan istimewa ini.

Lebih lanjut Punjul menuturkan bersama anak didiknya ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dan spesial. Oleh karena itu mereka mengangkat tema Alas Purwo yang dulu hutan belantara tetapi karena sekarang sudah dipola harmonisasi kehidupan maka menjadi eksotika dan didatangi banyak orang.

“Kita menggambarkan bagaimana antara kolaborasi harmonisasi antara manusia hewan tumbuhan batu angin dan alam sekitar sehingga menciptakan satu kehidupan yang saling memberi di hutan tertua di pulau Jawa ini," jelas seniman berambut gondrong itu.

Pertunjukan sendratari diiringi musik kreasi yang mengkolaborasikan musik tradisional Banyuwangi dan Jawa yang energik dan penuh semangat. Kostum dan tata rias para penaripun dirancang dengan detail yang indah, mencerminkan kekayaan seni budaya dan tradisi di daerah yang dikenal sebagai serpihan tanah sorga di bidang wisata ini.

Galeri Indonesia Karya merupakan portal informasi budaya Indonesia yang bertujuan memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat umum terhadap aneka ragam seni budaya yang tumbuh dan berkembang di setiap daerah di Indonesia.

source: https://www.jatimtimes.com/baca/307533/20240307/103000/ribuan-penonton-terpesona-saksikan-pementasan-sendratari-sikep-sang-timur-tlatah-alas-purwo

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya