Sukabumi 1980, Upaya Titimangsa Lestarikan Seni Tradisi Sunda (detik.com)


Posted : 01 Dec 2023

Jakarta - Sukabumi yang berada di tanah Priangan Barat memiliki seni tradisi yang tak lekang oleh waktu. Di dekade 1980 menjadi era kejayaan bagi kesenian Sunda yang mengakar di setiap masyarakatnya.

Menuju penghujung 2023, Titimangsa didukung Bakti Budaya Djarum Foundation menyelenggarakan pagelaran seni bertajuk Lestari Tradisi yang berjudul Sukabumi 1980. Pentas ini bukan sekadar unjuk gigi semata, namun upaya bagi Titimangsa menghidupkan lagi kebudayaan dan seni tradisi Sunda.

Produser sekaligus pendiri Titimangsa, Happy Salma mengatakan ingin merayakan berbagai seni tradisi yang dimiliki oleh Indonesia.

"Dahulu ketika saya masih kecil, sanggar-sanggar di kota Sukabumi masih hidup ya, masih terdengar gegap gempitanya. Saya ingin juga memetakan berapa sih sanggar yang masih aktif, maka tercetuslah ide tentang Sukabumi 1980," ungkapnya saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya (GIK), west mall Grand Indonesia pada Jumat (1/12/2023).

Perempuan yang juga lahir di Sukabumi menuturkan ketika kecil, ia pun belajar menari di halaman rumahnya. Masyarakat dari kampung halamannya juga mengalami hal tersebut. Ketika berada di Kudus, ia kembali teringat akan konsep pertunjukan di halaman rumah.

"Menari di halaman tuh, memberikan romantisme tersendiri, saya belajar nari lagi juga karena anak perempuan saya. Sunda juga ada tariannya loh, akhirnya latihan menari lagi karena iseng, dan menggandeng Ariel yang sudah mulai aktif menari Jawa. Jadi proses persiapan Sukabumi 1980 ini organik sekali," sambungnya.

Happy Salma dan Ariel Tatum bakal menggelar pementasan satu tari Jaipong yang terinspirasi dari skripsi seorang mahasiswa dan diunggah di YouTube.

"Koreografinya gampang sekali. Sukabumi 1980 jadinya turut menampilkan penari-penari Sunda dan kesenian tradisi Sunda yang ada. Kami tidak akan sendirian," katanya.

Sukabumi 1980 adalah sebuah rangkaian pagelaran seni tradisi yang berasal dari Sunda. Dengan mengambil latar tempat di Sukabumi, penonton diajak untuk mengingat kembali suasana Sukabumi di tahun 1980-an ketika diselenggarakannya pentas seni rakyat di tengah-tengah masyarakat setempat.

Pagelaran ini menghadirkan seni tari, musik karawitan, dan sinden; yang dipandu oleh Merwan Meryaman dan Jeni Aripin, serta dibawakan oleh seniman asli setempat dari Sanggar Seni Gapura Emas, Sanggar Gumintang, juga penampilan khusus oleh Ariel Tatum, Dewi Gita, Donna Agnesia, Kiara Anjar Candrakirana, dan Happy Salma.

Sukabumi di era 1980 adalah masa jaya segala budaya terangkum dan pernah dirayakan. Pagelaran seni yang mengangkat kebudayaan Sunda ini akan berlangsung di Selabintana Conference Resort, Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Desember 2023, mulai pukul 16.00 WIB.

Program Manager Bakti Budaya Djarum Foundation, Billy Gamaliel menuturkan setelah Ariyah, pihaknya kembali mendukung Titimangsa Foundation. "Kami bersama-sama ingin mengangkat kesenian dan seni pertunjukan tidak melulu fokus di kota-kota besar tapi di kota lainnya asalkan punya konsep, sajian menarik, dan konsep yang kuat kuat," ungkapnya.

"Sukabumi 1980 tentang tradisi Jawa Barat, yang dipentaskan langsung di Sukabumi, dan suasananya dibangun kembali ke era 1980," pungkasnya.

Source: https://hot.detik.com/art/d-7067148/sukabumi-1980-upaya-titimangsa-lestarikan-seni-tradisi-sunda

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya