Sebelas peserta terpilih Ruang Kreatif Seni tampilkan kisah Nurbaya - ANTARA News


Posted : 19 Nov 2023

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak sebelas orang peserta terpilih Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021 telah kembali ke Indonesia untuk menampilkan hasil pelatihan mereka melalui Fragmen Musikal Nurbaya yang ditampilkan di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Sabtu (18/11).

Selama kurang lebih 60 menit, peserta terpilih menghadirkan pertunjukan Serial Musikal Nurbaya dengan kemasan yang segar dipadu dengan elemen cerita romansa, serta intrik-intrik yang dikemas secara modern dengan musik yang menarik.

"Keikutsertaan seniman muda dalam program ini menjadi kesempatan untuk mengasah keterampilan artistik sehingga mendorong pertumbuhan dan pengembangan seniman panggung serta memberikan kontribusi besar pada kemajuan industri seni pertunjukan di Indonesia," ungkap Program Director Galeri Indonesia Kaya Renitasari Adrian lewat keterangan tertulis diterima di Jakarta pada Minggu.

Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan merupakan pelatihan bagi seniman muda maupun pencinta seni untuk mendapat pembekalan ilmu panggung dengan standar internasional dan membuka kesempatan bagi peserta terpilih untuk mendapatkan pelatihan singkat di luar negeri.

Renitasari mengatakan bahwa setelah mendapat pelatihan selama satu tahun dan berkesempatan melihat langsung belakang layar industri musikal di West End, Inggris, sebanyak sebelas peserta tampil di atas panggung.

"Semoga penampilan para peserta dapat menghibur dan diterima dengan baik oleh para penikmat seni," harap dia.

Fragmen Musikal Nurbaya berakar dari musikal orisinal yang dipersembahkan oleh www.indonesiakaya.com pada 2021 bertajuk Serial Musikal Nurbaya. Produksi ini mengadaptasi cerita legendaris dari novel "Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai" karya Marah Rusli dalam sebuah serial musikal yang menyuguhkan kombinasi dari keindahan visual, akting dan koreografi mumpuni, juga balutan komposisi musik yang menarik didengar, tanpa meninggalkan unsur kedaerahan masyarakat Minang.

Salah satu peserta bernama Claudya Christina berpendapat bahwa mengikuti program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021 merupakan sebuah perjalanan yang sungguh mengesankan dan memperluas wawasan dalam dunia seni pertunjukan.

Kesempatan tersebut tidak hanya membuka pintu bagi Claudya untuk bertemu dengan para pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidang seni pertunjukan, namun juga memberikan pelatihan-pelatihan yang menarik dan bermanfaat.

"Dipercaya untuk menampilkan Serial Musikal Nurbaya yang sukses dan telah ditayangkan lebih dari 20 juta views di YouTube IndonesiaKaya menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Tetapi saya percaya bahwa setiap tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Semoga, dengan segala pembelajaran dan pengalaman ini, saya dapat terus melangkah maju dan memberikan kontribusi positif dalam industri seni pertunjukan,” ujar Claudya.

Sejak tahun 2015, Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan hadir untuk memberikan pelatihan bagi seniman-seniman panggung di Tanah Air. Kemudian di tahun 2019, Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan melahirkan pelatihan untuk ranah teater musikal, dengan berbagai macam bentuk pelatihan yang terfokus pada pelatihan vokal, tari dan akting.

Pada masa pandemi di tahun 2021, para peserta Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan telah melalui proses seleksi ketat dan telah mendapatkan berbagai pelatihan dari para pelatih lokal yang berpengalaman di bidang.

Dari 98 peserta yang mengikuti Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2021, terpilih sebelas peserta untuk mengikuti pelatihan teater musikal secara intensif dengan West End Stage di London, Inggris pada 16 - 21 Oktober 2023 yang lalu.

Dalam kesempatan ini, para peserta berkesempatan untuk dilatih secara langsung dengan para profesional industri panggung internasional. Melalui program ini, para peserta belajar melihat bagaimana seorang bintang West End yang sesungguhnya menjalani seluruh proses hingga bisa tampil di atas panggung.

Source: https://www.antaranews.com/berita/3830439/sebelas-peserta-terpilih-ruang-kreatif-seni-tampilkan-kisah-nurbaya

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya