Revitalisasi Pendidikan Vokasi di IKN, Kepala Otorita Tinjau SMK Mitra Yayasan Djarum di Kudus - Sumber : KaltimToday.co - BeritaSatu Network


Posted : 20 Jan 2024

Kaltimtoday.co - Otorita IKN melakukan kunjungan ke beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kunjungan ini, dilakukan pada tanggal 18 Januari 2024, bertujuan untuk mengeksplorasi model pendidikan vokasi yang modern dan kreatif, yang telah diimplementasikan oleh sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan Yayasan Djarum Foundation.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono bersama Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat, Alimuddin, mengunjungi tiga SMK, yaitu SMK Raden Umar Said (spesialisasi desain visual), SMK PGRI 2 (bidang kuliner), dan SMK NU Banat (fokus pada fesyen). Kunjungan ini mendapat apresiasi tinggi dari Bambang Susantono, yang mengakui keunikan dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri saat ini.

“Kami terkesan dengan pendekatan kreatif dan adaptasi dengan perkembangan IPTEK di SMK-SMK ini. Ini adalah model yang ingin kami adopsi di IKN, terutama untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di era digital,” ucap Bambang.

Pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi ini sejalan dengan visi IKN sebagai superhub ekonomi dan pusat pendidikan di abad 21, sesuai dengan Perpres Nomor 63/2022 tentang Perincian Rencana Induk IKN.

Sementara Deputi Sosbudpemas Otorita IKN, Alimuddin menekankan pentingnya peningkatan kualitas tenaga pendidik untuk mencapai standar pendidikan yang tinggi di IKN.

“Kualitas tenaga pendidik yang unggul akan menjadi kunci dalam mewujudkan pemerataan pendidikan berkualitas tinggi di IKN dan sekitarnya,” tambahnya.

Primadi Serad selaku Program Director Djarum Foundation, juga menyatakan dukungannya terhadap adopsi konsep pendidikan vokasi yang telah dikembangkan oleh Yayasan Djarum di IKN.

“Konsep ini dapat membantu lulusan vokasi menemukan peluang kerja yang luas, baik di dalam maupun luar negeri, dengan pendapatan yang kompetitif,” kata Primadi.

Dalam kunjungan ini, turut hadir Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito, menandai pentingnya kolaborasi dalam pengembangan pendidikan vokasi di IKN.

Source: https://www.beritasatu.com/network/kaltimtoday/92681/revitalisasi-pendidikan-vokasi-di-ikn-kepala-otorita-tinjau-smk-mitra-yayasan-djarum-di-kudus

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya