Prodi Pendidikan Elektronika Unj Terima Hibah Bantuan 20 Trainer Kit Dari Djarum Foundation Untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran - edoostory.id


Posted : 03 Feb 2024

Humas UNJ, Jakarta- Program studi Pendidikan Teknik elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (FT UNJ) baru saja menerima Hibah 20 Unit Trainer Kit dari Djarum Foundation. Serah terima yang berlangsung pada Sabtu 03 Februari 2024 di Aula Teknik Lantai 3, turut dihadiri Prof. Fahrurrozi selaku wakil rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja sama, para wakil dekan FT, Koorprodi Pendidikan Elektronika dan Magister PTK, Kepala UPT TIK, Kepala Kantor Humas, dan para pejabat serta dosen di lingkungan FT UNJ. Sementara dari Eksternal dihadiri Primadi H. Serad selaku Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation,  TIM Djarum Foundation,  para guru dan siswa SMK Wisudha Karya.

Prof. Efri Sandi selaku Wakil Dekan III FT mengawali kegiatan dengan pemberian laporan.  Beliau menyampaikan terima kasih karena bantuan ini sangat berarti bagi prodi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran prodi.  Bantuan trainer kit sangat menunjang peralatan di laboratorium prodi.“ Kami mengucapkan terima kasih kepada Djarum Foundation, tentu ini bentuk awal dari kerja sama yang mungkin akan terus kita kembangkan di masa mendatang. Saya juga berharap bantuan ini tidak menjadi yang terakhir, dan kita harap terus dapat melakukan kerja sama lain antara program studi khususnya dan Universitas tentunya. Semoga ini menjadi Langkah awal dan berkah kita semua.” Ungkap Prof. Efri Sandi.

Adapun bantuan yang diberikan adalah sebanyak 20 buah trainer kit dengan rincian sebagai berikut,  Trainer Elektronika Digital sebanyak 5 Unit, Trainer Mikrokontroler dasar sebanyak 5 unit, Trainer Sensor-PLC sebanyak 5 unit, dan Trainer Elektronika dasar sebanyak 5 unit.

Selanjutnya dalam sambutannya Prof. Fahrurrozi menyampaikan permintaan maaf karena pak rektor berhalangan hadir. Prof. Fahrurrozi juga memberikan ucapan terima kasih pada pihak Djarum atas bantuan tersebut. “Terus terang ini sesuatu yang sangat berharga bagi UNJ karena sekarang ini ada batasan yang cukup menyulitkan di instansi pemerintah untuk melakukan pengadaan barang. Di mana barang harus sesuai TKDN yang memiliki kandungan lokal sebanyak 70%. Jadi ini merupakan sesuatu yang amat berharga. Alat ini juga menjadi sumber nyawa bagi prodi terutama prodi yang memiliki banyak praktik.

Prof. Fahrurrozi juga menyampaikan harapannya bahwa kegiatan bantuan ini tidak hanya pada salah satu bidang tetapi harapan ke depan adalah terjalin kerja sama antara UNJ dan Djarum Foundation yang lebih luas, baik dalam bentuk hibah, penelitian, pengabdian, studi lanjut bagi guru-guru yang berada di bawah binaan Djarum foundation dan tentu beasiswa. “Kami melihat sendiri begitu luar biasa bantuan Djarum terhadap Pendidikan di Daerah Kudus, dari situ kami berharap Djarum Foundation memiliki banyak peran juga untuk kemajuan UNJ”.

Pada kesempatan yang sama, Primadi mengungkapkan bahwa sebenarnya pihaknya yang lebih membutuhkan UNJ, “karena filosofi kami, apa pun inisiatif kami, kualitas pendidikan kami tidak mungkin lebih bagus dari guru-gurunya. Kami belasan tahun mengelola pendidikan mau sebagus apa pun infrastrukturnya,  kalau gurunya tidak kompeten, ya percuma, dan kami juga ikut bersedih jika fresh graduate dari perguruan tinggi belum siap kerja dan harus mengikuti training lagi. Karena kami ingin yang siap pakai. Masalah ini sudah saya sampaikan ke Bu Dirjen Vokasi”.

Masih dalam sambutannya, “Tentu kami butuh banyak guru kompeten apalagi dari UNJ, bukan hanya guru SMK, bahkan dari Tingkat SD. Kami juga berterima kasih atas undangannya bisa mengunjungi UNJ secara langsung.” Tutup Primadi. Acara ditutup dengan penyerahan Hibah trainer Kit dan mengunjungi Laboratorium pendidikan Elektronika yang ada di lantai 4 gedung elektro UNJ.

Source: https://edoostory.id/story/detail/68255/prodi-pendidikan-elektronika-unj-terima-hibah-bantuan-20-trainer-kit-dari-djarum-foundation-untuk-tingkatkan-kualitas-pembelajaran

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google

Artikel Lainnya